Matematikastudycenter.com- Contoh soal pembahasan statistik menentukan mencari ragam atau variansi dan simpangan baku dari data tunggal, data tunggal dengan frekuensi dan data berkelompok materi matematika kelas 11 SMA IPA/IPS.
Soal No. 1
Diberikan data sebagai berikut:
6, 7, 8, 8, 10, 9
Tentukan:
a) Ragam (variansi)
b) Simpangan baku
Soal No. 1
Diberikan data sebagai berikut:
6, 7, 8, 8, 10, 9
Tentukan:
a) Ragam (variansi)
b) Simpangan baku
Pembahasan
Pertama kali cari rata-ratanya dulu:

Sehingga

a) Ragam (variansi)
Untuk menentukan ragam atau variansi (S2) ,

Sehingga

b) Simpangan baku Simpangan baku (S) adalah akar dari ragam

Sehingga diperoleh nilai simpangan baku data di atas

Soal No. 2
Perhatikan tabel distribusi frekuensi data tunggal berikut ini
Nilai | frekuensi (f) |
5 6 7 8 9 | 2 5 12 7 4 |
Tentukan:
a) Ragam (variansi)
b) Simpangan baku
Pembahasan
Pertama kali cari rata-ratanya dulu:

Sehingga

a) Ragam (variansi)
Untuk menentukan ragam atau variansi (S2) ,

Sehingga

b) Simpangan baku Simpangan baku (S) adalah akar dari ragam

Sehingga diperoleh nilai simpangan baku data di atas

Soal No. 3
Perhatikan tabel berikut!
a) Ragam (variansi)
b) Simpangan baku
Pembahasan
Pertama kali cari rata-ratanya dulu:

Sehingga

a) Ragam (variansi)
Untuk menentukan ragam atau variansi (S2) ,

Sehingga

b) Simpangan baku Simpangan baku (S) adalah akar dari ragam

Sehingga diperoleh nilai simpangan baku data di atas

Soal No. 3
Perhatikan tabel berikut!
Berat (kg) | Frekuensi |
31 - 35 36 - 40 41 - 45 46 - 50 | 4 7 9 10 |
Tentukan:
a) Ragam (variansi)
b) Simpangan baku
Pembahasan
Ambil titik tengah untuk setiap interval kelas terlebih dahulu:
Berat (kg) Titik Tengah (x) | Frekuensi (f) |
33 38 43 48 | 4 7 9 10 |
Setelah titik tengah ditentukan, cari rata-rata dulu:

Diperoleh nilai rerata:

a) Ragam (variansi)
Untuk menentukan ragam atau variansi (S2) ,

Sehingga

b) Simpangan baku Simpangan baku (S) adalah akar dari ragam

Sehingga diperoleh nilai simpangan baku data di atas

Untuk soal dengan kelas yang cukup banyak lebih efektif digunakan cara pentabelan saja,..

Diperoleh nilai rerata:

a) Ragam (variansi)
Untuk menentukan ragam atau variansi (S2) ,

Sehingga

b) Simpangan baku Simpangan baku (S) adalah akar dari ragam

Sehingga diperoleh nilai simpangan baku data di atas

Untuk soal dengan kelas yang cukup banyak lebih efektif digunakan cara pentabelan saja,..
Read more: http://matematikastudycenter.com/kelas-11-sma/144-statistika-data-ragam-dan-simpangan-baku#ixzz4IJPInDx8
Wacana Harga Rokok Naik Bikin Petani Cengkih Lereng Slamet Galau
Petani cengkih di lereng Gunung Slamet Pulosari, Kabupaten Pemalang, Jawa Tengah saat ini sedang galau. Mereka berharap harga cengkih juga naik bila pemerintah benar-benar menaikkan harga rokok menjadi Rp 50 ribu per bungkus.
Petani khawatir, kenaikan harga rokok akan berdampak pada menurunkan permintaan cengkih oleh perusahaan rokok.
"Sekarang saja ini harga cengkih sudah mulai turun. Kalau sampai harga rokok naik sampai Rp 50 ribu per bungkus, saya khawatir permintaan cengkih turun drastis dan harganya semakin anjlok," ucap petani cengkih di Pulosari Pemalang, Jateng, Munawar 55 tahun, Selasa 23 Agustus 2016.
Dia menilai, kenaikan harga rokok akan membuat tingkat penjualan rokok menurun. Ini lantaran tidak semua masyarakat mampu membeli rokok dengan harga yang tinggi.
"Kalau permintaan cengkih menurun juga harganya pasti juga akan turun. Karena kan 80 persen bahan baku rokok itu, ya pakai cengkih ini," sambung dia. Sementara harga cengkih basah yang sebelumnya Rp 45 ribu per kg kini turun menjadi Rp 31 ribu per kg. Kemudian harga cengkih kering yang sebelumnya mencapai Rp 150 ribu per kg kini turun menjadi Rp 90 ribu.
Petani khawatir, kenaikan harga rokok akan berdampak pada menurunkan permintaan cengkih oleh perusahaan rokok.
"Sekarang saja ini harga cengkih sudah mulai turun. Kalau sampai harga rokok naik sampai Rp 50 ribu per bungkus, saya khawatir permintaan cengkih turun drastis dan harganya semakin anjlok," ucap petani cengkih di Pulosari Pemalang, Jateng, Munawar 55 tahun, Selasa 23 Agustus 2016.
Dia menilai, kenaikan harga rokok akan membuat tingkat penjualan rokok menurun. Ini lantaran tidak semua masyarakat mampu membeli rokok dengan harga yang tinggi.
"Kalau permintaan cengkih menurun juga harganya pasti juga akan turun. Karena kan 80 persen bahan baku rokok itu, ya pakai cengkih ini," sambung dia. Sementara harga cengkih basah yang sebelumnya Rp 45 ribu per kg kini turun menjadi Rp 31 ribu per kg. Kemudian harga cengkih kering yang sebelumnya mencapai Rp 150 ribu per kg kini turun menjadi Rp 90 ribu.
"Turunnya harga cengkih saat ini disebabkan karena sudah memasuki masa panen dan faktor cuaca," tutur Munawar.
Hal senada juga diungkapkan petani cengkih lainya di Pemalang, Hindarto 48 tahun.
"Ini biasanya ada tengkulak datang ke sini dari berbagai wilayah datang ke sini. Sekarang ini harga cengkih turun. Keadaan biasa normal Rp 150 ribuan perkilogram kering, tahun ini untuk kering Rp 90 ribu. Kalau yang basah sekarang Rp 31 ribu dan normal Rp 45 ribu. harapannya harga cengkih juga bisa naik agar petani tidak merugi," ujar Hindarto.
Langkah 1: Membuat dokumen baru
Buat
dokumen baru di Photoshop. Anda bebas untuk memilih apa pun dimensi yang
dikehendaki, anda memilih 2000 x 1000 piksel untuk tutorial ini. Biarkan
sisa pengaturan pada nilai standar.

Langkah 2: Menambahkan gradien
Pilih
Gradient Tool (shift + g) dan untuk menetapkan pengaturan warna ke #
4ba614 dan # 008c00. Pilih lingkaran seperti gaya gradien dan
menciptakan gradien dari pusat gambar Anda ke atas nya.


Langkah 3: Menambahkan beberapa teks
Sekarang
saatnya untuk menggunakan font . Pilih Type Tool (t) dan pilih Candice
atau Terserah Anda sebagai font tapi anda pakai Candice . Mengatur ukuran font-500
piksel (atau nilai yang sesuai dengan dimensi gambar Anda) dan ketik teks
pilihan Anda.
Karena anda membuat-seperti efek permen anda mengetik "Candy".
Karena anda membuat-seperti efek permen anda mengetik "Candy".

Langkah 4: Centering teks
Setelah
itu pilih latar belakang dan lapisan teks bersama-sama dengan mengklik pada
mereka pada palet layer sambil memegang sebuah apel) ctrl-tombol
(perintah jika yang Anda gunakan. Pastikan Anda memiliki Move Tool (v)
yang dipilih. Sekarang Anda dapat pusat teks lapisan Anda secara vertikal dan
horizontal dengan menggunakan tombol berjajar dalam palet pilihan Anda, yang
secara default ditempatkan di atas ruang kerja Anda.

Langkah 5: Membuat pola kustom
Sekarang
kita akan menciptakan pola kustom yang kita akan berlaku untuk teks kita nanti.
Membuat Dokumen Baru (ctrl + n) dan untuk menetapkan dimensi 200 x 200 piksel.
Membuat Dokumen Baru (ctrl + n) dan untuk menetapkan dimensi 200 x 200 piksel.

Langkah 6: Menambahkan dan berputar persegi panjang
Pilih
Rectangle Tool (u) dan menciptakan sebuah persegi panjang dengan lebar 400
pixel dan tinggi 35 pixel. Merubah persegi panjang dengan
menekan Ctrl + t ketika sedang dipilih dan putar 45 ° sambil
menahan tombol Shift-bawah (seperti ini, persegi panjang berputar hanya
dalam 15 °langkah). Pusat persegi panjang yang diputar di latar belakang
seperti yang kita lakukan pada Langkah 5 dengan teks kami.

Langkah 7: Terapkan gradien
Klik
kanan pada lapisan-persegi panjang dan pilih Blending Options. Pergi ke Gradient
Overlay dan menetapkan gradien dengan warna # cc0000 dan # b50000.
Mengatur sudut gradien untuk 135 °, gunakan linier sebagai gaya
dan menerapkan gradien.

Langkah 8: Multiply persegi panjang
Salin layer persegi panjang Anda dengan menekan Ctrl + j.
Pilih Move Tool (masih v) dan pastikan Anda memiliki disalin lapisan
baru dipilih, tahan-key dan tekan 5 kali Shift kiri dan 5
kali atas (dengan menekan tombol shift sambil bergerak-lapisan dengan
tombol panah Anda membuat langkah 10 piksel. Itu berarti kami pindah
kami lapisan 50 pixel ke kiri dan 50 pixel ke atas).
Copy disalin persegi panjang (Shape 1 copy) dan ulangi proses.
Pilih persegi panjang asli lagi, salin dan tekan 5 kali kanan dan ke bawah sambil menahan tombol shift. Salin persegi panjang terbaru dan ulangi proses.
Sekarang Anda memiliki 5 persegi panjang, masing-masing dengan lebar 50 pixel dan margin 50 pixel persegi panjang berikutnya.
Copy disalin persegi panjang (Shape 1 copy) dan ulangi proses.
Pilih persegi panjang asli lagi, salin dan tekan 5 kali kanan dan ke bawah sambil menahan tombol shift. Salin persegi panjang terbaru dan ulangi proses.
Sekarang Anda memiliki 5 persegi panjang, masing-masing dengan lebar 50 pixel dan margin 50 pixel persegi panjang berikutnya.

Langkah 9: Tentukan pola
Pergi
ke Edit -> Define Pattern ... dan nama "baru pola Candy"
pola. Pola ini secara otomatis akan muncul dalam pola terakhir membuat Anda
digunakan.

Langkah 10: Menerapkan opsi blending untuk teks
Kembali
ke gambar asli kami dan klik kanan pada lapisan-teks. Buka Blending Options
dan menerapkan gaya yang ditampilkan pada gambar di bawah. Gunakan Candy
Pola dibuat pola baru sebagai overlay.

Langkah 11: Hampir sampai
Pilih Ellipse Tool (shift + u)
dan menciptakan elips yang mencakup sekitar sepertiga atas jenis Anda.
Pastikan warnanya putih.
Rasterize lapisan Anda dengan mengklik kanan dan memilih Rasterize.
Rasterize lapisan Anda dengan mengklik kanan dan memilih Rasterize.

Langkah 12: Bermain dengan pilihan
Ctrl
+klik pada layer-teks untuk membuat
pilihan di sekitar teks Anda dan tekan
Ctrl+Shift
+ i untuk membalikkan pilihan Anda.
Pastikan Anda elips-lapisan dipilih dan tekan Hapus. Hanya bagian dari
elips yang tumpang tindih dengan teks yang tersisa.

Langkah 13: Menambahkan lapisan-mask
Sekarang
membuat Layer Mask pada lapisan elips dan pilih Gradient Tool (shift
+ g). S Mengatur warna gradien untuk hitam (# 000000) dan putih
(# ffffff) gaya dan linier. Tahan-tombol Shift untuk membuat
lurus gradien sempurna dari titik tertinggi teks Anda mencapai titik terendah.
Setelah gradien diterapkan ke lapisan masker Anda selesai.


Hasil akhir

Kredit Investasi Kecil (KIK)
KIK (Kredit Investasi Kecil) adalah kredit yang diberikan oleh bank untuk penambahan modal dalam rangka rehabilitasi uasaha, perluasan usaha, atau membangun usaha baru. KIK merupakan kredit jangka panjang ( umumnya 5 Th)Syarat yang harus dipenuhi untuk mendapat kredit adalah:° Memiliki ijin resmi, yaitu SITU, SIUP, NPWP dan TDP
° USAHA telah berjalan minimal 2 tahun dan sudah mendapat keuntungan
° Membuat proposal pengajuan kredit
° Berbentuk badan uasha, dapat berbentuk PT, CV, FIRMA, koprasi maupun perseorangan.
° Memiliki aginan atau ja inan antara lain surat-surat atau bukti kepemilikan kendaraan, peralatan, rumah, tanah, atau gedung.
Kredit Modal Kerja Permanen ( KMKP)
adalah kredit produksi atau eksploitasi yang digunakan untuk menutuop biaya produksi perusahaan , seperti biaya pembelian bahan baku, pembelian bahan kemeja, biaya iklan dan promosi, biaya pengemasan produk, biaya distribusi, atau pembayaran gaji karyawan. KMKP merupakan kredit jangka pendek (umumnya satu tahun), pesyaratan dokumen yang diperlukan untuk mendapatkan KIK dan KMKP antalain:• Formulir isian lengkap dan di tanda tangani
• Foto copy KTP ( suami istri)Ã Foto copy NPWP
• Foto copy SITUÃ Foto copy SIUPÃ Foto copy TDP
• Foto ukuran 4 x 6 cm sebanyak 2 lembar ( suami istri)
• Sertifikat hak milik ( SHM tanah atau BPKB sebagai agungan apabila diperlukan)
• Foto copy kartu keluarga
Neraca perusahaan dan perincian laba /rugi proses selanjutnya yang akan dilakukan bank antara lain;
• Menelitià Survey ketempat
• Interview atau wawancaraà Analisis permohonan kredit
1.Impor File Gambar
Spesifikasi untuk proyek ini adalah NTSC D1 komposisi persegi piksel 720 × 450 piksel, 29,97 frame per detik, enam detik, latar belakang hitam, dan dinamakan "Flame". Langkah pertama adalah untuk merakit elemen yang ingin Anda gunakan . Dalam kasus ini, kita akan menggunakan tiga item: logo (atau ikon), tekstur untuk lantai, dan klip video untuk membuat api. Klik dua kali pada panel Proyek untuk membuka dialog Import, kemudian cari item yang ingin Anda gunakan. Sebagai contoh kita, kita akan mengimpor file 1800 × 1800 pixel disebut "Texture.psd," dan 350 × kecil logo vektor 73-pixel disebut "Energi Text.ai."
2 Impor File Movie
Sekarang cari klip video kebakaran atau api yang ingin Anda gunakan (ini juga bisa menjadi salah satu yang telah dibuat dengan sistem partikel seperti yang in Motion). Kami membawa di salah satu indah klip api Artbeats 'dari 1 koleksi mereka ReelFire, "RF108.mov." Sekarang semua item ini dirakit di panel Project, kita dapat mulai potongan adegan bersama-sama.
3 Buat Lantai 3D; Putar
Pilih gambar tekstur Anda dalam panel Project dan drag ke Timeline pada 0 detik. Klik ikon layer 3D pada panel Sakelar untuk lapisan ini, kemudian pergi ke menu Kamera Aktif di bagian bawah jendela Komposisi, dan pilih Custom View 1. Tekan R pada keyboard untuk mengungkapkan properti Rotasi layer, kemudian klik pada 0,0 ° nilai berikutnya ke X Rotasi dan mengubahnya ke +90 °, menekan Enter untuk mengkonfirmasi bila dilakukan. Ini berputar tekstur menjadi lantai.
4 Tambahkan Logo 3D, Posisi & Skala
Tekan C pada keyboard untuk mengakses alat Kamera Orbit dan drag di sekitar jendela Komposisi untuk melihat adegan dari sudut yang lebih baik. Tekan V untuk kembali ke alat Seleksi. Sekarang, tarik logo atau ikon (kita adalah Energi Text.ai) gambar dari panel Project ke Timeline di atas gambar pada 0 detik juga. Mengubahnya menjadi lapisan 3D, kemudian tarik panah hijau sumbu Y di jendela Komposisi untuk posisi logo di atas lantai. Untuk skala logo atas atau bawah, tekan S pada keyboard untuk mengungkapkan properti Skala dan menyesuaikan sesuai desain Anda.
5 Tambahkan Api 3D; Sesuaikan Anchor Point
Sekarang tarik dalam klip api di 0 detik di Timeline-perhatikan bagaimana layer titik anchor adalah di tengah-tengah persegi panjang. Pilih Pan Dibalik alat (Y) dari Toolbar dan tarik api itu titik anchor ke tengah bawah dari api itu sendiri. Ini akan membuat skala dan posisi lebih mudah, karena ini adalah titik dari mana lapisan akan mengubah. Ini juga akan memberi kita referensi yang berguna untuk posisi cahaya kami dalam waktu singkat
6 Api Key, Membuat 3D Lapisan
Mari kita cepat menghapus latar belakang hitam klip. Tekan V untuk kembali ke alat Seleksi, kemudian pergi ke Efek> Kanal> Saluran Shift. Dalam Efek Kontrol panel (ECP), pilih Merah dari Take Alpha Dari opsi untuk menggunakan jalur merah lapisan untuk menciptakan transparansi. Sekarang, pergi ke Efek> Kanal> Hapus Anyaman Warna dan kecerahan asli dan warna api akan dikembalikan. Sekarang, klik layer ini 3D saklar dalam Timeline untuk mengubahnya menjadi 3D layer lain.
7 Skala & Posisi Api
Beralih dari Custom 1 ke Front, lalu tekan S untuk mengungkapkan properti Skala api itu. Tarik ke kiri pada salah satu dari tiga 100% angka dan skala api ke ukuran yang Anda inginkan. Kemudian gunakan Y-dan hijau panah sumbu X merah di jendela Komposisi untuk memindahkan api ke lokasi yang diinginkan.Dalam kasus kami, itu akan duduk langsung di atas saya di ENERGI.
8 Tambahkan Point Light, Turn On Bayangan
Beralih kembali ke Kustom 1 sekarang, kemudian pergi ke Layer> New> Cahaya dan dalam hasil Cahaya Pengaturan dialog, pilih Titik dari menu pop-up Tipe Cahaya. Ini menciptakan sumber cahaya yang bersinar ke segala arah (kami menyebutnya cahaya api). Hidupkan Bayangan Gips pada, mengatur intensitas 120%, Shadow Kegelapan 60%, dan Shadow Difusi sampai 20%, kemudian klik OK. Sebuah cahaya baru duduk menuju kanan bawah adegan kami dan Anda harus dapat melihatnya menerangi bagian kecil dari lantai-bukan awal yang buruk!
9 Posisi Cahaya dalam api
Mari posisi cahaya yang persis lokasi yang sama dengan api, karena di situlah sumber cahaya datang dari-dan ini juga mengapa kita disesuaikan jangkar titik api! Pilih layer api, tekan P untuk mengungkapkan nilai keberpihakan, klik pada Posisi kata, dan kemudian tekan Command-C (PC: Ctrl-C) untuk menyalin nilai. Sekarang, pilih layer cahaya api, tekan P, pilih Posisi kata, dan tekan Command-V (PC: Ctrl-V) untuk paste dalam nilai disalin. Sempurna-kecuali semuanya sudah gelap, dan tidak ada bayangan
10 Adjust 3D Material Properties
Menambahkan lampu di Efek Setelah hanya menerangi lapisan yang jauh dari sumber cahaya (seperti lantai), tapi cahaya ini berada di posisi yang tepat, jadi mari kita memberitahu logo dan api untuk menerangi diri. Pilih kedua logo dan lapisan api dalam Timeline, lalu tekan AA untuk mengungkapkan sifat 3D Bahan mereka. Mengatur Menerima opsi Lampu ke Off dan Anda akan melihat lapisan lagi. Sekarang, pilih hanya lapisan logo dan perubahan Pemain Bayangan ke On.
11 Ubah Warna Light; Tambahkan Intensitas Ekspresi
Sekarang, mari kita membuat sumber cahaya jauh lebih realistis. Klik dua kali layer cahaya api untuk membuka Pengaturan Cahaya dialog, klik contoh Warna dan mengubahnya ke cahaya oranye. Klik OK, kemudian tekan AA untuk mengungkapkan Pilihan Cahaya dalam Timeline. Tahan Option (PC: Alt) dan klik pada stopwatch sebelah Intensitas untuk menambah kolom Expression. Ketik "menggoyangkan (10,40)" dalam mengajukan dan kemudian tekan Enter untuk konfirmasi. Jika Anda menggosok Timeline sekarang, Anda dapat melihat intensitas cahaya berkedip-kedip sangat baik di lantai.
12 Tambah Posisi Ekspresi
Untuk sekarang mengungkapkan bayangan dan membuat mereka "menari" sebagai api melompat-lompat, mari kita gunakan Ekspresi yang sama untuk posisi cahaya api itu. Tekan P untuk mengungkapkan properti Posisi, maka Option-klik (PC: Alt-klik) pada stopwatch untuk menambah kolom Expression. Kali ini, ketik "menggoyangkan (2.100)" dan kemudian tekan Enter untuk konfirmasi. Jika Anda sekarang tekan 0 pada keypad untuk RAM Preview, Anda akan melihat bayangan dilemparkan dari logo bergerak sangat baik di lantai, dan juga indah menyebar karena mereka mendapatkan lebih jauh dari sumber cahaya.
13 Tambah Kamera; Sesuaikan & Keyframe
Sekarang kita dapat membuat kamera bergerak sederhana di sekitar logo untuk benar-benar mendapatkan rasa ruang. Pada 0 detik, pergi ke Layer> New> Kamera, lalu pilih 28mm dari menu pop-up Preset dalam Pengaturan Kamera dialog. Klik OK, kemudian di jendela Komposisi, beralih kembali ke kamera aktif.Tekan C dan tarik alat Kamera Orbit sekitar untuk mengatur tampilan awal Anda, lalu tekan P dan klik stopwatch untuk menambahkan Posisi keyframe untuk kamera pada 0 detik.
14 Kamera Animate
Tekan End pada keyboard untuk melompat ke 6 detik, kemudian tarik alat Kamera Orbit lagi untuk mengatur tampilan akhir Anda. Lakukan Preview RAM akhir, atau render, dan Anda akan melihat beberapa efek pencahayaan luar biasa realistis, membuat adegan sederhana ini jadi lebih hidup. Ingat intensitas cahaya, warna, bayangan kegelapan, difusi, dan pergerakan posisi, serta jarak relatif antara cahaya, lantai, dan logo semua dapat disesuaikan untuk mendapatkan hasil yang jauh bervariasi. Nikmati!
Spesifikasi untuk proyek ini adalah NTSC D1 komposisi persegi piksel 720 × 450 piksel, 29,97 frame per detik, enam detik, latar belakang hitam, dan dinamakan "Flame". Langkah pertama adalah untuk merakit elemen yang ingin Anda gunakan . Dalam kasus ini, kita akan menggunakan tiga item: logo (atau ikon), tekstur untuk lantai, dan klip video untuk membuat api. Klik dua kali pada panel Proyek untuk membuka dialog Import, kemudian cari item yang ingin Anda gunakan. Sebagai contoh kita, kita akan mengimpor file 1800 × 1800 pixel disebut "Texture.psd," dan 350 × kecil logo vektor 73-pixel disebut "Energi Text.ai."
Sekarang cari klip video kebakaran atau api yang ingin Anda gunakan (ini juga bisa menjadi salah satu yang telah dibuat dengan sistem partikel seperti yang in Motion). Kami membawa di salah satu indah klip api Artbeats 'dari 1 koleksi mereka ReelFire, "RF108.mov." Sekarang semua item ini dirakit di panel Project, kita dapat mulai potongan adegan bersama-sama.
Pilih gambar tekstur Anda dalam panel Project dan drag ke Timeline pada 0 detik. Klik ikon layer 3D pada panel Sakelar untuk lapisan ini, kemudian pergi ke menu Kamera Aktif di bagian bawah jendela Komposisi, dan pilih Custom View 1. Tekan R pada keyboard untuk mengungkapkan properti Rotasi layer, kemudian klik pada 0,0 ° nilai berikutnya ke X Rotasi dan mengubahnya ke +90 °, menekan Enter untuk mengkonfirmasi bila dilakukan. Ini berputar tekstur menjadi lantai.
Tekan C pada keyboard untuk mengakses alat Kamera Orbit dan drag di sekitar jendela Komposisi untuk melihat adegan dari sudut yang lebih baik. Tekan V untuk kembali ke alat Seleksi. Sekarang, tarik logo atau ikon (kita adalah Energi Text.ai) gambar dari panel Project ke Timeline di atas gambar pada 0 detik juga. Mengubahnya menjadi lapisan 3D, kemudian tarik panah hijau sumbu Y di jendela Komposisi untuk posisi logo di atas lantai. Untuk skala logo atas atau bawah, tekan S pada keyboard untuk mengungkapkan properti Skala dan menyesuaikan sesuai desain Anda.
5 Tambahkan Api 3D; Sesuaikan Anchor Point
Sekarang tarik dalam klip api di 0 detik di Timeline-perhatikan bagaimana layer titik anchor adalah di tengah-tengah persegi panjang. Pilih Pan Dibalik alat (Y) dari Toolbar dan tarik api itu titik anchor ke tengah bawah dari api itu sendiri. Ini akan membuat skala dan posisi lebih mudah, karena ini adalah titik dari mana lapisan akan mengubah. Ini juga akan memberi kita referensi yang berguna untuk posisi cahaya kami dalam waktu singkat
6 Api Key, Membuat 3D Lapisan
Mari kita cepat menghapus latar belakang hitam klip. Tekan V untuk kembali ke alat Seleksi, kemudian pergi ke Efek> Kanal> Saluran Shift. Dalam Efek Kontrol panel (ECP), pilih Merah dari Take Alpha Dari opsi untuk menggunakan jalur merah lapisan untuk menciptakan transparansi. Sekarang, pergi ke Efek> Kanal> Hapus Anyaman Warna dan kecerahan asli dan warna api akan dikembalikan. Sekarang, klik layer ini 3D saklar dalam Timeline untuk mengubahnya menjadi 3D layer lain.
7 Skala & Posisi Api
Beralih dari Custom 1 ke Front, lalu tekan S untuk mengungkapkan properti Skala api itu. Tarik ke kiri pada salah satu dari tiga 100% angka dan skala api ke ukuran yang Anda inginkan. Kemudian gunakan Y-dan hijau panah sumbu X merah di jendela Komposisi untuk memindahkan api ke lokasi yang diinginkan.Dalam kasus kami, itu akan duduk langsung di atas saya di ENERGI.
Beralih kembali ke Kustom 1 sekarang, kemudian pergi ke Layer> New> Cahaya dan dalam hasil Cahaya Pengaturan dialog, pilih Titik dari menu pop-up Tipe Cahaya. Ini menciptakan sumber cahaya yang bersinar ke segala arah (kami menyebutnya cahaya api). Hidupkan Bayangan Gips pada, mengatur intensitas 120%, Shadow Kegelapan 60%, dan Shadow Difusi sampai 20%, kemudian klik OK. Sebuah cahaya baru duduk menuju kanan bawah adegan kami dan Anda harus dapat melihatnya menerangi bagian kecil dari lantai-bukan awal yang buruk!
Mari posisi cahaya yang persis lokasi yang sama dengan api, karena di situlah sumber cahaya datang dari-dan ini juga mengapa kita disesuaikan jangkar titik api! Pilih layer api, tekan P untuk mengungkapkan nilai keberpihakan, klik pada Posisi kata, dan kemudian tekan Command-C (PC: Ctrl-C) untuk menyalin nilai. Sekarang, pilih layer cahaya api, tekan P, pilih Posisi kata, dan tekan Command-V (PC: Ctrl-V) untuk paste dalam nilai disalin. Sempurna-kecuali semuanya sudah gelap, dan tidak ada bayangan
Menambahkan lampu di Efek Setelah hanya menerangi lapisan yang jauh dari sumber cahaya (seperti lantai), tapi cahaya ini berada di posisi yang tepat, jadi mari kita memberitahu logo dan api untuk menerangi diri. Pilih kedua logo dan lapisan api dalam Timeline, lalu tekan AA untuk mengungkapkan sifat 3D Bahan mereka. Mengatur Menerima opsi Lampu ke Off dan Anda akan melihat lapisan lagi. Sekarang, pilih hanya lapisan logo dan perubahan Pemain Bayangan ke On.
Sekarang, mari kita membuat sumber cahaya jauh lebih realistis. Klik dua kali layer cahaya api untuk membuka Pengaturan Cahaya dialog, klik contoh Warna dan mengubahnya ke cahaya oranye. Klik OK, kemudian tekan AA untuk mengungkapkan Pilihan Cahaya dalam Timeline. Tahan Option (PC: Alt) dan klik pada stopwatch sebelah Intensitas untuk menambah kolom Expression. Ketik "menggoyangkan (10,40)" dalam mengajukan dan kemudian tekan Enter untuk konfirmasi. Jika Anda menggosok Timeline sekarang, Anda dapat melihat intensitas cahaya berkedip-kedip sangat baik di lantai.
12 Tambah Posisi Ekspresi
Untuk sekarang mengungkapkan bayangan dan membuat mereka "menari" sebagai api melompat-lompat, mari kita gunakan Ekspresi yang sama untuk posisi cahaya api itu. Tekan P untuk mengungkapkan properti Posisi, maka Option-klik (PC: Alt-klik) pada stopwatch untuk menambah kolom Expression. Kali ini, ketik "menggoyangkan (2.100)" dan kemudian tekan Enter untuk konfirmasi. Jika Anda sekarang tekan 0 pada keypad untuk RAM Preview, Anda akan melihat bayangan dilemparkan dari logo bergerak sangat baik di lantai, dan juga indah menyebar karena mereka mendapatkan lebih jauh dari sumber cahaya.
13 Tambah Kamera; Sesuaikan & Keyframe
Sekarang kita dapat membuat kamera bergerak sederhana di sekitar logo untuk benar-benar mendapatkan rasa ruang. Pada 0 detik, pergi ke Layer> New> Kamera, lalu pilih 28mm dari menu pop-up Preset dalam Pengaturan Kamera dialog. Klik OK, kemudian di jendela Komposisi, beralih kembali ke kamera aktif.Tekan C dan tarik alat Kamera Orbit sekitar untuk mengatur tampilan awal Anda, lalu tekan P dan klik stopwatch untuk menambahkan Posisi keyframe untuk kamera pada 0 detik.
Tekan End pada keyboard untuk melompat ke 6 detik, kemudian tarik alat Kamera Orbit lagi untuk mengatur tampilan akhir Anda. Lakukan Preview RAM akhir, atau render, dan Anda akan melihat beberapa efek pencahayaan luar biasa realistis, membuat adegan sederhana ini jadi lebih hidup. Ingat intensitas cahaya, warna, bayangan kegelapan, difusi, dan pergerakan posisi, serta jarak relatif antara cahaya, lantai, dan logo semua dapat disesuaikan untuk mendapatkan hasil yang jauh bervariasi. Nikmati!